Biyot's Blog

ayo maju jangan mundur !

FILSAFAT ILMU DIBIDANG PENDIDIKAN April 21, 2010

Filed under: HUKUM,PENDIDIKAN,UMUM — biyot @ 11:02 am
Tags:

Mengingat banyaknya sorotan rendahnya mutu pendidikan di Indonesia,    banyak pihak yang mengingatkan  perlu adanya telaah yang mendalam terhdap kebijakan pendidikan di Indonesia. Pendidikan yang diinginkan tidak hanya bersifat substansial seperti yang tercantum dalam kurikulum pendidikan dasar sampai dengan pendidikan di tingkat perguruan tinggi, akan tetapi hendaknya secara integral dapat membentuk manusia Indonesia yang hakiki yang mampu memiliki kecerdasan intelegensi, kecerdasan emosional maupun kecerdasan spiritual.

Seiring dengan fenomena tersebut di atas, pembangunan pendidikan yang lebih berkualitas telah dilaksanakan melalui berbagai upaya seperti, pengembangan dan perbaikan kurikulum, pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan,  sistem evaluasi, pengembangan bahan ajar, pelatihan guru dan tenaga pendidik, dan usaha lainnya.

Pembangunan dalam pendidikan menuntut semua pihak yang terlibat dalam pendidikan memahami hakekat pendidikan yang sesungguhnya, dalam hal ini implementasi filasafat pendidikan perlu dijalankan oleh semua pihak yang terlibat dalam pendidikan. Filsafat pendidikan merupakan aplikasi filsafat dalam pendidikan (Kneller, 1971). Pendidikan membutuhkan filsafat karena masalah-masalah pendidikan tidak hanya menyangkut pelaksanaan pendidikan yang dibatasi pengalaman, tetapi masalah-masalah yang lebih luas, lebih dalam, serta lebih kompleks, yang tidak dibatasi pengalaman maupun fakta-fakta pendidikan, dan tidak memungkinkan dapat dijangkau oleh sains pendidikan.

Pemahaman tentang filsafat bagi pengelola pendidikan mutlak diperlukan karena tujuan pendidikan senantiasa berhubungan langsung dengan tujuan hidup dan kehidupan individu maupun masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan .  Filsafat pendidikan memang suatu disiplin yang bisa dibedakan tetapi tidak terpisah baik dari filsafat maupun juga pendidikan, keudanya beroleh asupan pemeliharaan dari filsafat.  Berfilsafat tentang pendidikan menuntut suatu pemahaman yang tidak hanya tentang pendidikan dan persoalan-persoalannya, tetapi juga tentang filsafat itu sendiri. Filsafat pendidikan tidak lebih dan tidak kurang dari suatu disiplin unik sebagaimana halnya filsafat sains atau sains yang disebut mikrobiologi. Filsafat secara ringkas berkenaan dengan pertanyaan seputar analisis konsep dan dasar-dasar pengetahuan, kepercayaan, tindakan, dan kegiatan. Jadi dalam filsafat terkandung pengertian dua hal, yaitu   analisis konsep, dan  pendalaman makna atau dasar dari pengetahuan dan sejenisnya.

Dengan demikian terdapat kaitan yang erat antara keberhasilan pendidikan dengan pemahaman terdapat filsafat bagi semua pihak yang terlibat dalam pendidikan. Oleh karena itu terdapat cukup alasan yang baik untuk belajar filsafat, khususnya apabila ada pertanyaan-pertanyaan rasional yang tidak dapat atau seyogyanya tidak dijawab oleh ilmu atau cabang ilmu-ilmu1).

Masalah yang dibahas dalam makalah ini adalah sekitar pendidikan dan filsafat ilmu. Kiranya kegiatan pendidikan bukanlah sekedar gejala sosial yang bersifat rasional semata mengingat kita mengharapkan pendidikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia, lebih-lebih untuk anak-anak kita masing-masing, filsafat  ilmu pendidikan secara umum tidak begitu maju ketimbang ilmu-ilmu sosial dan biologi tetapi tidak berarti bahwa ilmu pendidikan itu sekedar ilmu atau suatu studi terapan berdasarkan hasil-hasil yang dicapai oleh ilmu-ilmu sosial dan atau ilmu perilaku.

Mengingat urgensi dari filsafat, terutama filsafat ilmu dalam pendidikan kajaian tentang filsafat ilmu dalam pendidikan lebih ditekankan bagaimana mengimplementasikan filsafat ilmu itu sendiri dalam dunia pendidikan. Filsafat menurut  Prof. Kuntowijoyo berkaitan dengan evolusi pemikiran manusia yang terbagi atas tiga tingkatan pemikiran manusia yaitu mitos, ideologI dan ilmu2) dengan demikian terdapat korelasi yang mendalam antara filsafat, ilmu dan pendidikan.

1 Prof Dr Ir Rudy C Tarumingkeng, Tulisannya dalam Makalah Falsafah Sains (PPs 702)

2 Kuntowijoyo. “Mitos, Ideologi, dan Ilmu : Bagian Pertama Dari Tiga Tulisan”. Harian Republika. 27 Agustus 2001.

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s